Rabu, 16 Mei 2012

Ternyata Sudah Bulan Mei

Ternyata tak semudah yang  saya bayangkan kala data belum juga terkumpul, kala data masih berserakan entah seperti apa. apalagi kalo itu adalah data lisan yang notabennya adalah sebuah legenda atau cerita rakyat.
Kemaren, saya sedikit mumet tentang apa yang haris saya serahkan ke DPS. dan akhirnya setelah melalui beberapa tahapan, saya harus mencari tahu tentang cerita yang beredar di masyarakat.

maka, awal april saya putuskan kembali ke kajen mencari data. di lokasi sekitar tiga hari dan saya balik jogja dengan hati yang optimis bahwa nantinya akan segera lengkap data ini.
lima hari kemudian, yang saat itu bertepatan tanggal 20 April saya menemui DPS untuk menyerahkan hasil penelitian.
dan apa yang terjadi?? mungkin tulisan itu hanyalah serangkaian cerita tentang mbah mutamakkin, yang merupakan bagian kerangkanya saja, belum mencakup tentang isi dan ajaran-ajaran yang disebarkana sehingga beliau bisa menjadi tokoh di desa tersebut.
kalau data tersebut sebagai data utama yang akan dibandingkan dengan data tulis yang ada di naskah SErat Cebolek, maka data tersebut masih sangat dangkal. walhasil, saya harus datang ke lokasi lagi.

Ok, saya tak ingin menunda-nunda lagi. karena sayapun ingin TA ini segera selesai.
maka tanggal 25 april 2012 saya datang ke lokasi untuk melengkapi data. beruntung, disana saya bisa menemui informan utama saya, karena memang sebelumnya sudah janjian.haha

di lokasi tersebt saya tinggal sekitar lima hari, dan sungguh diluar dugaan ternyata data yang harusnya saya dapatkan tidak kunjung juga saya dapatkan.
tahu kenapa? karena yang sebenarnya saya cari adalah tentang kidung atau ajaran ilmu tarekat yang mbah mutamakin ajarkan pada masa dahulu kala, yang akhirnya bisa membuat raja Surakarta tertarik hingga menurut cerita lisan di Kajen beliau di baiat oleh mbah mutamakkin. maka, informan saya pun menawarkan sebuah naskah kecil sekitar 300 halaman yang beraksara pegon dan berbahasa Jawa.. Oh my god.....

naskah pakem kajen
ini naskah harus ditransliterasi agar skripsi saya bisa berlanjut segera diselesaikan.
Dan, sekarang saya sangat sadar betapa cepat sekali waktu ini berjalan. Tiba-tiba saja sekarang sudah bulan Mei, yang dalam jadwal saya adalah seharusnya bulan ini saya sudah mengolah data, saya harusnya sudah menyusun skripsi.
Namun, apa daya sekarang saya masih berkutat dengan data.

Hmmm, tapi oklah, itu semua tak jadi masalah.
semoga nantinya bisa mendapatkan hasil yang baik dan skripsi ini bisa bermanfaat buat halayak umum.. amin yarobbal alamin...

#Tetap semangat agar minggu depan bisa ketemu DPS dengan membawa data, hasil penelitian, hasil transliterasi juga... lalalalalala

2 komentar:

  1. Semangat, Cenung, pasti hasil penelitian ini mantab! ^_^

    BalasHapus
  2. semoga say sayang.... kamu mah mantab.. tinggal ngelaksanain proposal hidup selanjutnya... :-D

    BalasHapus