Rabu, 11 April 2012

Mandeg Skripsi, Karena Malas atau Buntu Tiada Ide?

Skripsi....
lagi lagi skripsi.
sesuatu yang harus dikerjakan dan diselesaikan agar segera lulus. Harus alias Wajib!!

dan kini, di tengah-tengah kegalauan mengerjakan skripsi pertanyaan yang selalu terlontar dari orang-orang yang menaruh perhatian dan sayang adalah "udah sampe mana?, udah mpe bab berapa skripsinya?." Dan pertanyaan lain seputar skripsi.

Huahh.. capek mengahadapi pertanyaan setipe. capek mental, capek hati, dan capek pikiran.
Kalau seperti ini rasanya ingin sekali aku menenggelamkan kepala di dalam bantul atau karung agar tak ada yang melihat bahwa hatiku berkecamuk dan mukaku bertambah jelek kala ada orang tercinta yang menanyakan  perihal kemajuan skripsi.
Aduh biyung... maafkan anakmu ini..

Jujur, aku tak tau apa permasalahannya diri ini tak segera menyelesaikan tugas akhir. padahal proposal udah diterima, dosen pembimbing udah punya, dua lagi. kurang apa sih???

saya punya cerita, ini cerita nyata tapi sedikit mungkin ada renovasi cerita.

"Cenung, kamu kan sudah punya data, kemaren sudah terjun ke lapangan buat wawancara." tanya seorang kawan.
"iya, kenapa?" tanya Cenung dengan sewot.
"kenapa tidak segera dikerjakan?" tanyanya
"ini proses." jawabku sekenanya.


Dan benar, Cenung mengolah datanya. sibuk mendengarkan rekaman lalu mengetik apa yang di dengar. Tapi itu tak tahan lama. Penyakitnya kambuh, adalah males. Tergoda ngobrol, tergoda jalan, tergoda entah ke mana.

lalu, beberaa minggu kemudian orang tuanya yang ada di jauh sana menelepon bertanya kabar dan ujung-ujungnya adalah menanyakan skripsi.

"Nduk, piye kabare?" tanya ibu dengan suara khasnya yang lumayan merdu.
"Sae, buk.. la ibuk kaleh bapak pripon kabare?" tanya Cenung basa-basi.
"Yo apek, nduk. duwite iseh kan?" ibu menambahi
"Teseh, buk." jawab Cenung.

Obrolan mengalir kesana-kemari, menceritakan hal-hal dari A-Z, dari yang terpenting hingga paling gak penting, dari hal ngeri hingga hal yang super gokil. Nmaun akhir ceritapun sang ibu tetap menanyakan hal yang ditakutkan sang anak.

"La Skripsine piye, nok? wes di tumpuk?" tanya ibu dengan nada tiada dosa.
Skripsi kok ditumpuk. emang PR? batin Cenung mulai menggrundel. namun, Cenung yang anak baik tetap menjawab dengan beragam variasi jawaban.
"Dereng, buk. niki teseh ngolah data. mangke nek mpon rampung juga ditumpuk. lagian terkadanang dosene ki ya sibuk kok buk. dadi kudu ndamel janji riyen kaleh dosen." jawab Cenung sambil menggigit bibir yang tak sakit.

Lagi-lagi alasan... mau samapi kapan kamu beralasan ini -itu dengan orang-orang terkasih, Cenung?????
Ini sudah bulan apa? Coba sejenak tengok timeline-mu yang kamu lampirkan di proposal.

Bagaiman?????

Astagfirullah..... ternyata saya sudah meninggalkah banyak hal.
tahukan anda???

Inilah timeline saya (sengaja saya sertakan agar saya bisa terpacu jadi lebih giat. mohon diingatkan ya buat teman-teman yang udah baca). Timeline ini merupakan rencana saya, kalau bisa tepat syukur Alhamdulillah, tapi kalo mundur, yah namanya juga manusia.... tapi saya mohon dukungan dan doa dari teman-teman agar saya bisa segera menyelesaikan tugas akhir saya. Amin.....

Lampiran : TIME SCHEDULE PELAKSANAAN PROGRAM

Tabel 1, time schedule pelaksanaan program
No
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan


Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus


I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
1
Pengadaan prasarana































2
Penentuan lokasi































3
Studi pustaka































4
Wawancara I































5
Wawancara 2































6
Wawancara 3































7
Wawancara 4































8
Wawancara 5































9
Pengolahan data































10
Penyusunan skripsi































11
Ujian Pendadran































12
Revisi































13
Wisuda

































Sedangkan sekarang sudah bulan apa??? dan saya masih berkutat dengan transkrip + menerjemahkan data.
Bisakah saya mengejar target saya???
Dan bagaimana saya mengejar ketertinggalan saya??????

Tuhan... KepadaMu hamba memohon....
dan teman.... mari kita saling memberi semangat....
agar tugas kita bisa segera selesai dan kita semua bisa lulus bersama, sukses dalam bidang kita masing-masing... amin....


Semangat.....
Yakin, Tuhan (Allah) selalu bersama kita,





5 komentar:

  1. Ayo Nung semangat! Koe mending wis entuk data gari ngolah. Lha aku, entuk judul wae durung (T_T)
    Semangat Nung! Demi kesuksesan bersama! \(^o^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. semanagat tik... ayo ngerjain bareng-bareng.. kita pasti bisa...;-)

      Hapus
  2. Berarti masih ada waktu tiga minggu untuk nyusun, Mbak Nung?
    Ada yang bilang, kita harus fokus melihat pada tujuan agar gak kelelahan ketika dalam perjalanan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik... oklah mbak say yang bijaksana... semangat saya ibarrat disulut api.. semoga bisa terjaga sampai semua selesai..:-)

      Hapus
  3. ASik dah....
    Oklah temans,, semangat mari dimulai... bendera perang siap dikobarkan...:-D

    BalasHapus